Hakikat dan Ciri-Ciri Fisika

hakikat fisika dan ciri ciri fisika, hakikat fisika, ciri-ciri fisika, fisika.

Hakikat dan ciri-ciri fisika - Penelitian banyak menggunakan peralatan yang berhubungan dengan fisik seperti mikroskop, neraca, dan multimeter. Berbagai peralatan tersebut akan membantu dalam memahami fisika. Selain itu, Anda juga dapat memahami penerapan Fisika dengan mempelajari Hakikat Fisika, Ciri-ciri Fisika, cabang-cabang Fisika, dan manfaat Fisika. Berikut adalah penjabaran mengenai hakikat fisika dan ciri-ciri fisika.

Baca juga: Manfaat biologi dalam berbagai bidang


Hakikat Fisika

Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang lebih dikenal dengan sains. Sains merupakan ilmu yang mempelajari fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan melalui keterampilan bereksperimen dengan penerapan metode ilmiah. 

Pada dasarnya sains disusun atas pengamatan, klasifikasi data, dan diverifikasi dalam hukum yang bersifat kuantitatif melalui analisis data dan perhitungan matematis Dengan demikian, hakikat Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari kejadian alam berdasarkan fakta, konsep, prinsip, dan hukum yang telah teruji kebenarannya melalui pendekatan ilmiah.

Baca juga: 100+ Cabang-cabang biologi



Ciri-ciri Fisika
 
    Sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika mempunyai beberapa ciri berikut.


1) Objek yang dikaji merupakan benda konkret (nyata dan ada). Kajian yang dilakukan berupa tingkah laku seperti fisik dari benda tersebut. Contoh kejadian berupa tingkah laku seperti kejadian mendorong benda. Adapun contoh kejadian berupa kondisi fisik seperti pemuaian benda akibat pemanasan.


2) Pengamatan dan penelitiannya dilakukan secara sengaja.


3) Penelitiannya dikerjakan secara sistematis.


4) Menggunakan cara berpikir logis dan konsisten.


5) Hasil kajiannya bersifat objektif.


6) Hukum-hukum Fisika yang dihasilkan dari berbagai percobaan berlaku umum namun dengan beberapa ketentuan yang mendukung.


Baca juga: Sisitem klasifikasi makhluk hidup



Hanya itu penjelasan mengenai hakikat dan ciri-ciri dari fisika semoga bermanfaat bagi semuanya.Sekian!



Tags: hakikat fisika dan ciri ciri fisika, hakikat fisika, ciri-ciri fisika, fisika.

Tautan disalin ke papan klip!