SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER (USBK) TAHUN 2022
SMP ISLAM HUSNUL KHOTIMAH
Untuk Ujian Klik Link di bawah
SIAP UJIAN
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam sekitar secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. BSNP
(2006:161). Sedangkan menurut Yumarlin (2013:75) yang berpendapat bahwa mata
pelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari
diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan pendapat diatas, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan
mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa sekolah dasar yang diharapkan berguna
untuk diri sendiri, lingkungan dan memberikan pengetahuan tentang diri sendiri dan
alam sekitar, mata pelajaran IPA juga diharapkan menumbuhkan rasa ingin tahu,
jujur, dan peduli terhadap lingkungan pada diri siswa. Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia
melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.
Setiap mata pelajaran yang di pelajari atau di ajarkan selalu memiliki tujuan,
begitupun dengan mata pelajaran IPA. Pembelajaran IPA pada dasarnya tidak
hanya sekedar menghafal suatu konsep atau materi yang sudah dipelajari atau yang ada dalam buku. Konsep atau tujuan IPA yaitu dengan melibatkan siswa dalam
melakukan setiap percobaan, karena pada dasarnya pembelajaran IPA bertujuan
adar siswa dapat mencari tahu tentang alam secara langsung untuk mendapatkan
pengetahuan, fakta, dan proses penemuan serta memiliki sifat ilmiah.
Dalam BSNP (2006:162) menyatakan bahwa mata pelajaran IPA di SD/MI
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA
yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran
tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam
sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara,
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
Berdasarkan paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA
bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan konsep IPA yang bermanfaat
dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kesadaran
siswa untuk turut serta dalam menjaga, memelihara, dan menghargai alam sekitar
sebagai ciptaan Tuhan