SOAL BAHASA ARAB UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER (USBK) TAHUN 2022
SMP ISLAM HUSNUL KHOTIMAH
Untuk Ujian Klik Link di bawah
SIAP UJIAN
Pembelajaran adalah upaya untuk belajar. Kegiatan ini yang
akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara efektif
dan efesien, sedangkan bahasa adalah alat komunikasi yang
digunakan untuk berinteraksi dengan sesamanya dan digunakan
untuk mengeluarkan ide-ide yang ada dalam fikiran baik lisan
maupun tulisan.
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata
pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing,
mengembangkan dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap bahasa Arab baik Reseptif maupun
Produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk
memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan.
Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa alat
komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.
Pada umumnya motivasi dan dorongan mempelajari bahasa
Arab di Indonesia adalah untuk tujuan agama, yaitu untuk
mengkaji dan memperdalam ajaran Islam dari sumber-sumberyang
berbahasa Arab. Akan tetapi pada saat ini bahasa Arab telah menjadi suatu bagian dari mata pelajaran yang harus diajarkan di
lembaga pendidikan formal. Terlebih lagi di lembaga pendidikan
Islam, bahasa Arab merupakan suatu keharusan untuk diajarkan
kepada peserta didik.
Secara teoritis terdapat empat orientasi pendidikan bahasa
Arab sebagai berikut:
a. Belajar bahasa Arab untuk tujuan memahami dan
memahamkan ajaran Islam. Orientasi ini dapat berupa belajar
keterampilan pasif (mendengarkan dan membaca), dan dapat
pula mempelajari keterampilan aktif (berbicara dan menulis).
b. Belajar bahasa Arab untuk tujuan memahami ilmu-ilmu dan
keterampilan berbahasa Arab. Orientasi ini cenderung
menempatkan bahasa Arabsebagai disiplin ilmu atau obyek
studi yang harus dikuasai secara akademik.
c. Belajar bahasa untuk kepentingan profesi praktis dan
pragmatis, seperti mampu berkomunikasi lisan dalam bahasa
Arab untuk bisa menjadi TKI, diplomat, turis, misi dagang,
atau untuk melanjutkan studi di salah satu Negara Timur
Tengah, dan sebagainya.
d. Belajar bahasa Arab untuk memahami dan menggunakan
bahasa Arab sebagai media bagi kepentingan orientalisme,
kapitalisme, imperalisme, dan sebagainya. Adapun ruang lingkup pembelajaran bahasa Arab meliputi:
unsur-unsur kebahasaan, terdiri atas tata bahasa (qawaidu al- Lughah), kosa kata (mufra>dat), pelafalan dan ejaan (as}wat
‘Arobiyah), keterampilan berbahasa, yaitu menyimak (istima>’),
berbicara (kala>m), membaca (qiro>’ah), dan menulis (kita>bah), dan
aspek budaya yang terkandung dalam teks lisan dan tulisan.