BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan peradaban telah menciptakan pola hidup praktis, cepat, dan instan yang sangatberpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran jasmani. Kegiatan sehari-hari yang menggunakan sebagian kecil anggota tubuh saja dengan usaha minimal, termasuk makan makanan siap saji, adalah pola hidup yang terjadi akibat kemajuan peradaban. Kenyataan ini sangat perlu diimbangi dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebugaran dan kesehatan jasmani, yang telah dirumuskan dalam kompetensi keterampilan Kurikulum 2013 yaitu memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah konkret dan abstrak, sebagai arahan akan pentingnya kesadaran atas kebugaran dan kesehatan jasmani.
Atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Perlombaan dalam atletik memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisi taktik dan strategi dalam perlombaan atletik
B. Rumusan Masalah
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Jelaskan bagaimana cara Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik ?
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Jelaskan bagaimana cara Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik ?
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Jelaskan bagaimana cara Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik
Atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Perlombaan dalam atletik memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisi taktik dan strategi dalam perlombaan atletik.
1. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat
Dalam jalan cepat adalah dapat mengatasi jarak tertentu dengan waktu sesedikit mungkin dengan berjalan atau tidak melanggar dalam aturan perlombaan. Taktik dan strategi yang dipakai adalah taktik dan strategi individu. Pada perlombaan jalan cepat diperlukan taktik dan strategi yang baik agar dapat memenangkan pertandingan. Maka diperlukan analisis yangtepat. Diantaranya saat start, langkah, kecondongan badan, lintasan lurus, lintasan tikungan, jarak, ayunan tangan dan fnish. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan jalan cepat.
2. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lari
Lari berbeda dengan jalan karena ada saat kaki melayang di udara. Dalam lari kita memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan perlombaan. Hal-hal yang diperhatikan dalam perlombaan adalah start, langkah kaki, posisi badan, ayunan tangan dan saat fnish. maka diperlukan taktik dan strategi untuk dapat memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi yang digunakan ada individu dan kelompok. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan lari.
3. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat
Lompat jauh adalah salah satu daripada cabang atletik. Lompat dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak, tinggi, dan rintangan sejauh-jauhnya, setinggi-tingginya. Tujuan utama lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya. Dalam lompat jaut terdapat beberapa gaya yang umum dilakukan oleh para pelompat jauh profesional yang tingkat keberhasilannya telah terukur dan teruji.
4. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lempar
Taktik perlombaan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, terhadap lawan dengan tujuan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Teknik perlombaan lempar meliputi: ayunan tangan, gerakan kaki, pelepasan, awalan. Agar kalian memahami taktik sambil strategi perlombaan dalam perlombaan lempar, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:
B. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik
1. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat
Merancangtaktik dan strategi perlombaan jalan cepat yang sederhana berikut ini:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Perlombaan dilakukan secara individual.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Rancanglah taktik dan srategi jalan cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut.
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Setelah rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan jalan cepat dengan mengikuti lintasan yang telah ditentukan gurumu sebanyak 10 putaran
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Pejalan cepat yang dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.
2. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Lari Cepat
Merancang taktik dan strategi perlombaan lari yang sederhana berikut ini:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Perlombaan dilakukan secara individual.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Rancanglah taktik dan srategi lari cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut.
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Setelah rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan lari cepat dengan mengikuti lintasan yang telah ditentukan gurumu.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Pelari yang dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.
3. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat
Merancang taktik dan strategi perlombaan lompat yang sederhana lompat berikut ini:
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Perlombaan lompat dilakukan secara individual.
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Rancanglah taktik dan strategi yang dapat dilakukan agar mendapat
<![if !supportLists]>3. <![endif]>lompatan yang paling baik.
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Setelah rancangan taktik dan strategi lompat tersusun, maka
<![if !supportLists]>5. <![endif]>perlombaan dilakukan dengan satu persatu pelompat melakukan
<![if !supportLists]>6. <![endif]>lompatan sebanyak 2 kali.
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Pelompat yang melakukan lompatan terjauh dinyatakan pemenang.
<![if !supportLists]>8. <![endif]>Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil
<![if !supportLists]>9. <![endif]>menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.
4. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan lempar
Merancangtaktik dan strategi perlombaan lempar yang sederhana berikut ini:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Peganglah cakram atau lembing masing-masing
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Rancanglah taktik dan strategi lemparan agar diperoleh jarak yang terbaik.
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Setelah rancangan tersusun, lakukanlah perlombaan melempar cakram atau lembing dengan cara satu persatu pelempar sebanyak masing-masing 2 kali atau sesuaikan dengan keadaan alat dan lapangan yang ada di sekolah.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Lemparan yang terjauh dalam 2 kali kesempatan menjadi lemparan terbaik.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Pelempar yang melakukan lemparan terjauh dinyatakan pemenang.
<![if !supportLists]>6) <![endif]>Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.
C. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik
1. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat
Taktik dan strategi yang dilakukan saat melakukan perlombaan sebagai berikut:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan jalan cepat.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Siapkanlah lembar penilaian penampilan jalan cepat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO 1 2 3 ... | NAMA SISWA | GERAKAN START | KESERASIAN LANGKAH KAKI DAN TANGAN | SIKAP BADAN DAN GERAKAN MELEWATI FINISH | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
............. | | | | | | | | | | | | |
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan jalan cepat.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu kelompok.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
<![if !supportLists]>6) <![endif]>Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
2. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Lari Cepat
Setelah kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lari cepat, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan berlomba diri sendiri dan teman dalam menerapkan taktik dan strategi perlombaan yang dilakukan saat melakukan perlombaan lari cepat. Lakukan aktivitas belajar berikut:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan lari cepat.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Siapkanlah lembar penilaian penampilan lari cepat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO | NAMA SISWA | GERAKAN START | KESERASIAN LANGKAH KAKI DAN TANGAN | SIKAP BADAN DAN GERAKAN MELEWATI FINISH | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | |
... | ............. | | | | | | | | | | | | |
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lari cepat.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
<![if !supportLists]>6) <![endif]>Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
3. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat
Setelah kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lompat, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan berlomba diri sendiri dan teman dalam menerapkan taktik dan strategi perlombaan lompat yang dilakukan saat melakukan perlombaan. Lakukan aktivitas belajar berikut:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan jalan cepat.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Siapkanlah lembar penilaian penampilan lompat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO 1 2 ... | NAMA SISWA | LARI AWALAN DAN MENUMPU PADA PAPAN | GERAKAN BADAN, KAKI, DAN TANGAN | GERAKAN MENDARAT | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
............. | | | | | | | | | | | | |
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lempar sederhana.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
<![if !supportLists]>6) <![endif]>Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
4. Mengevaluasi taktik dan strategi perlombaan lempar
Setelah kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lempar, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan berlomba diri sendiri dan teman dalam menerapkan taktik dan strategi perlombaan yang dilakukan saat melakukan perlombaan. Lakukan aktivitas belajar berikut:
<![if !supportLists]>1) <![endif]>Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan lempar.
<![if !supportLists]>2) <![endif]>Siapkanlah lembar penilaian penampilan lempar untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO 1 2 3 ... | NAMA SISWA | AWALAN LEMPAR | ARAH LEMPARAN | GERAKAN AKHIR LEMPARAN | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
............. | | | | | | | | | | | | |
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
<![if !supportLists]>3) <![endif]>Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lempar.
<![if !supportLists]>4) <![endif]>Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
<![if !supportLists]>5) <![endif]>Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
<![if !supportLists]>6) <![endif]>Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
BAB III
KESIMPULAN
Strategi adalah siasat yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah perlombaan dilaksanakan, sedangkan taktik ialah siasat yang dikerjakan pada saat perlombaan. Pemain yang baik dalam melakukan taktik perlombaan akan membawa pada kemenangan, sedangkan taktik dan strategi yang kurang baik dalam perlombaan akan berakibat pada kekalahan.
DAFTAR PUSTAKA
Buku BSE Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.,2015. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta