NO | Mata pelajaran | Materi | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
1 | Matematika | Bangun Ruang | Peserta didik dapat Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak,dan limas tegakdengan mengerjakan tugas secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam | Penugasan | Pekerjaan Rumah | Temukan benda di sekitar anda yang bentuknya salah satu dari bangun ruang dan hitung volumenya! Kunci: (Jawaban disesuaikan dengan benda yang ditemukan) |
Indikator | No | Uraian Tugas | Jawaban | Skor |
PesePeserta didik dapat Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus dan balokdengan mengerjakan tugas secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam. | 1 | Dik: P = 10 cm L = 8 cm T = 4 cm Dit: V Jawab: V = p x l x t = 10 x 8 x 4 = 320 | | |
2 | Temukan benda di sekitar anda yang bentuknya kubus dan balok, serta hitung volumenya! | Kubus contohnya rubik. Ukurannya mempunyai sisi sepanjang 7 cm. Sehingga V = = 7 x 7 x 7 = 343 Balok contohnya tempat pensil. Ukurannya panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tingginya 3 cm. Sehingga V = p x l x t = 20 x 8 x 3 = 480 | | |
Peserta didik dapat Menggunakan rumus untuk menghitung volume tabung dan limas tegakdengan mengerjakan tugas secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam. | 1 | Sebuah tabung memiliki jari-jari 14 cm, dan tinggi 15 cm. Berapa volume tabung dan luas selimut tabung? (kerjakan menggunakan cara) | Dik: r = 14 cm t = 15 cm dit: a) V b) L selimut Jawab: a). V = L permukaan x tinggi x t = x x 15 = x 196 x 15 = = 9240 b). L selimut = 2 x t =2 x x 14 x 15 = 44 x 2 x 15 = 1320 | |
| 2 | Temukan benda di sekitar anda yang bentuknya tabung dan hitung volumenya! | Contohnya tabung gas, dengan jari-jari 21 cm dan tinggi 60 cm, maka volumenya adalah V = x t = x x 60 = x 441 x 60 = = 83160 | |