Blogger Jateng

Kurikulum apa saja yang pernah ada di Indonesia?

https://ayok-edukatif.blogspot.com/

KTSP (2006)
A.    Pengertian
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing lembaga pendidikan. Maksud dari operasional disini adalah tidak lepas dari kaitannya dengan pemerintah (sentralisasi), yang artinya  ada hak lembaga pendidikan untuk menyesuaikan sekolah dengan karalkteristik daerah sendiri.
B.     Tujuan
·         Tujuan Umum
Memandirikan sumber daya satuan pendidikan melalui otonomi atau pemberian kewenangan kepaada lembaga pendidikan.
·         Tujuan Khusus
1.      Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah
2.      Meningkatkan kepedulian warga sekolah
3.      Meningkatkan kompetisi sehat antar satuan pendidikan
C.     Karakteristik
1.      Desain kurikulum disiplin ilmu
2.      Desain kurikulum individu
3.      Desain kurikulum masyarakat
4.      Desain kurikulum teknologi
Desain kurikulum disiplin ilmu dijadikan sebagai akar yang mengokohkan kurikulum tersebut. Sedangkan desain kurikulum yang lainnya sebagai implementasinya.
D.    Prinsip Pengembangan
1.      Berpusat pada potensi, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
2.      Beragam dan terpadu
3.      Tanggap terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
4.      Relevan dengan kebutuhan
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat, yang artinya ilmu yg dipelajari bermanfaat sampai kapanpun
7.      Seimbang antara sekolah yang di nasional maupun daerah
E.     Dasar Penyusunan
1.      Landasan Empirik
·         Rendahnya mutu pendidikan. Maksudnya adalah kurikulum sebelumnya hanya terpaku pada tingkat kognitif saja
·         Indonesia ysng sangat luas. Beragam sosial budaya, potensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan dibentuknya KTSP ini dimaksudkan untuk mempersatukan perbedaan tersebut
·         Peran sekolah yang pasif
2.      Landasan Formal
Memenuhi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

F.      Komponen
1.      Tujuan
·         Tingkst dasar
Meletakkan dasar kecerdasan, kepribadian,  akhlak dan kemandirian
·         Tingkat menengah
Melanjutkan atau meningkatkan dari tingkat dasar ke kejuruan
2.      Struktur program dan muatan kurikulum
Kelompok mata pelajaran yang diajarkan adalah Agama dan akhlak mulia, pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, olahraga jasmani dan kesehatan.
Muatan lokal sesuai dengan daerah masing-masing sekolah
3.      Kalender pendidikan
Didalam kalender pendidikan terdapat visi dan misi sekolah, foto-foto, kebutuhan, dan kegiatan dengan masyarakat.
4.      Silabus dan RPP
Silabus memuat kompetensi dasar, kegiatan belajar, materi pokok dan indikator. Sedangkan RPP untuk mengembangkan silabus tersebut.
G.    Kelabihan dan kekurangan
·         Kelebihan
1.      Terwujudnya otonomi daerah
2.      Meningkatkan kreatifitas sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
3.      Mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik
·         Kekurangan
1.      Minimnya kualitas guru dan sekolah
2.      Masih banhak guru yang belum memahami KTSP baik dari segi konsep, penyusunan, dan implementasinya
H.    Pelajaran Matematika dalam KTSP
Untuk membekali peserta didik agar berpikir logis, kritis, sistematis, analitis, dan mampu bekerja sama.



Kurikulum 1994
A.    Pengertian
Perkembangan dari kurikulum sebelumnya yang berorientasi pada kemampuan kognitif siswa. Kurikulum ini merupakan gabungan dari kurikulum 1975 dan 1984 (CBSA). Pada kurikulum 1975, kurikulum 1994 menggunakannya sebagai pendekatan tujuan, sedangkan pada kurikulum CBSA, kurikulum 1994 menggunakannya sebagai pendekatan proses.
B.     Tujuan
Menyiapkan peserta didik agar sanggup menghadapai perubahan keadaan didalam kehidupan dunia yang selalu berkembang melalui bertindak atas pemikiran yang logis, rasional, kritis, jujur, cermat, dan efisien.
C.     Proses
Menciptakan siswa yang aktif
D.    Ciri-ciri
1.      Sistem pembelajaran tahunan menggunakan caturwulan
2.      Materi yang diajarkan sangat banyak
3.      Bersifat populis, yaitu kurikulum ini digunakan untuk seluruh siswa diseluruh Indonesia baik yang di kota maupun di desa.
4.      Proses pembelajaran dimulai dari yang termudah ke yang tersulit
5.      Diadakannya pengulangan materi yang dianggap sulit
E.     Sistem
Pendidikan dasar yang diwajiblkan 6 tahun
F.      Aspek
1.      Materi : terlalu banyak (dan adanya pengulangan materi)
2.      Guru : sangat penting sebagai sumber informasi satu-satunya
3.      Pendekatan : pendekatan materi yang diberikan ke siswa
4.      Pengembangan : menggunakan kurikulumm nasional sebesar 80% dan kurikulum lokal sebesar 20%
5.      Orientasi : menekankan hasil tes tertinggi
6.      Proses belajar mengajar : guru sebagai sumber
7.      Relasi : berupa metode ceramah
8.      Tahun pembelajaran : 3 caturwulan
9.      Hari efektif : 6 hari/minggu, yaitu hari senin-sabtu, dengan total jam pelajaran 42 jam