1. onKeyDown (int, KeyEvent)
2. onKeyUp (int, KeyEvent)
3. onTrackballEvent(int, KeyEvent)
4. onTouchEvent(int, KeyEvent)
Membuat Canvas pada Android bagian 1
Langsung saja berikut merupakan langkah-langkah pembuatan aplikasi sederhana dengan canvas pada android.
1. Buka eclipse.
2. Pada eclips klik menu file - New - pilih Android Application Project
3. Kemudian pada jendela New Android Project isikan application name, project name, dan
package namenya, contohnya seperti berikut :
Application name : canvasbungsu
Project name : canvasbungsu
Package name : com.example.canvas
4. Setelah di next hingga memilih symbol untuk aplikasi yang kita buat klik finish. Maka akan
muncul lembar kerja baru dengan project mama yang sudah kita buat sebelumnya.
5. Buka MainActivity.java
6. Isikan kode program seperti di bawah ini pada MainActivity.java
package com.example.canvasbungsu;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.util.AttributeSet;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
public class MainActivity extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(new canvas1(this));
}
static public class canvas1 extends View{
public canvas1(Context context) {
// TODO Auto-generated constructor stub
super(context);
}
protected void onDraw (Canvas canvas) {
Paint paint = new Paint();
Paint paint2 = new Paint();
Paint paint3 = new Paint();
paint3.setTextSize(30);
paint.setColor(Color.BLUE);
paint2.setColor(Color.GREEN);
paint2.setAlpha(50);
paint3.setColor(Color.RED);
canvas.drawCircle(100, 100, 50, paint);
canvas.drawRect(200, 50, 0, 0, paint2);
canvas.drawText("Hello World", 50, 200, paint3);
}
}
@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}
}
7. Kemudian buat emulatornya dengan cara klik menu window pilih Android Virtual Device Manager.
8. Setelah itu running
Output Canvas Bagian 1

Untuk lebih jelas liat gambar berikut :
klik File - New - Android Application Project

Isikan jendela new android application sesuai keinginan anda - klik next

Pilih gambar icon sesuai keinginan anda - Klik next

Klik finish

Isikan coding pada MainActivity.java

Setelah itu klik menu window pilih Android Virtual Device Manager, buat emulator, berikut gambarnya

Setelah itu klik yang tadi dibuat kemudian klik Start

Klik aplikasi yang telah anda buat

Berikut outputnya

Membuat Canvas pada Android bagian 2
Langsung saja berikut merupakan langkah-langkah pembuatan aplikasisederhana dengan canvas pada android.
1. Buka eclipse.
2. Pada eclips klik menu file - New - pilih Android Application Project
3. Kemudian pada jendela New Android Project isikan application name, project name, dan
package namenya, contohnya seperti berikut :
Application name : canvas2
Project name : canvas2
Package name : bungsu.example.canvas2
4. Setelah di next hingga memilih symbol untuk aplikasi yang kita buat klik finish. Maka akan
muncul lembar kerja baru dengan project nama yang sudah kita buat sebelumnya.
5. Buka MainActivity.java
6. Isikan kode program seperti di bawah ini pada MainActivity.java
package bungsu.example.canvas2;
import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context; import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.util.AttributeSet;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
public class MainActivity extends Activity {
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas3 (this));
}
private void setContextView(canvas3 canvas3) {
}
static public class canvas3 extends View {
Bitmap myImage;
public canvas3(Context context) {
// TODO Auto-generated constructor stub
super (context);
myImage = BitmapFactory.decodeResource
(context.getResources(),R.drawable.baby);
}
@SuppressLint ("DrawAllocation")
protected void onDraw (Canvas canvas) {
Paint paint = new Paint();
canvas.drawBitmap(myImage, 35, 10, paint);
}
}
@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}
}
7. Kemudian buat emulatornya dengan cara klik menu window pilih Android Virtual Device Manager.
8. Setelah itu running